Jumat, 14 Februari 2014

Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam 38



Analisa Berbagai Contoh Nyata Dalam Melafal Amituofo

(Bagian 3)

Marilah kita membuat ulasan sebab yang kedua, melafal Amituofo tak terpisahkan dari menggunakan sikap berjalan, berdiri, duduk dan berbaring, andaikata tidak tahu menggunakan prinsip “sikap benar tapi santai”, akhirnya bukan menjadikan melafal Amituofo sebagai kenikmatan tertinggi, malah menjadi latihan keras yang penuh penderitaan!

Bermeditasi menderita, bernamaskara juga menderita, berjalan sambil melafal Amituofo juga menderita, begitu penderitaan muncul maka segera melupakan Buddha, keyakinan dan tekad juga segera diabaikan.

Sesungguhnya bukanlah melafal Amituofo yang membuat penderitaan! Tetapi sudah salah cara melafalnya, barulah terasa menderita! Apabila di hati kita berharap memperoleh sesuatu, maka akan terasa sangat tegang! Karena tegang maka semua otot tubuh jadi kencang, sehingga tubuh terasa pegal dan sakit, sungguh menderita.

Apabila motivasi kita sudah ada yang salah, yakni pikiran yang tidak benar, sikap tubuh tidak bisa benar, maka terasa serba ada tekanan, pasti akan jadi tersiksa, karena menderita maka tidak sanggup bertahan lagi!

Maka itu yang paling penting adalah menyeimbangkan pikiran, motivasi yang benar, barulah dapat bersikap benar dan santai. Apabila motivasinya sudah benar, munculkan pikiran benar, dengan sendirinya dapat melepaskan semua kemelekatan, sehingga akan terasa rileks!

Praktisi yang memiliki keinginan yang kuat untuk berharap memperoleh sesuatu, ketika melafal Amituofo pasti seperti orang yang hendak berkelahi, berusaha memukuli bentuk-bentuk pikiran yang muncul, maka itu dia merasa kelelahan! Jika demikian pasti tidak bisa bertahan.    


 Petikan Ceramah Master Dao Zheng : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam



一個念佛實例的分析

再檢討第二個原因,念佛不外是采用行住坐臥幾種姿勢,如果不懂得『端正,又輕松』的原則,結果就會把念佛這種最高的享受變成苦行啊!打坐苦,拜佛又苦,經行又苦,一苦起來,就把佛丟掉,把信願丟掉。其實不是念佛苦啊!是念錯了!念得不如法,才苦啊!心裡一有所得,就很緊張啊!很緊張當然身體肌肉全部繃緊了,繃緊了支持不久的,一定會又酸又痛,很苦的。動機一有點不對呀!就是沒有正念,身體也不會端正。不端正啊,東壓迫,西壓迫,一定會苦的,苦了就支持不久了!


所以最主要是要調心,動機正確,才能端正輕松。真正動機正確了,正念提起了,自然萬緣會放下,放下就輕松啦!有所得心很強的人,念起佛來一定像找人打架,找妄想打架的樣子。沒人跟他打架,他也打得很累呀!這當然支持不久的。


節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》