Rabu, 29 Januari 2014

Ucapan Imlek Tahun 2014 Dari Master Chin Kung




Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2014 Dari Master Chin Kung

Para anggota Sangha dan praktisi sekalian, selamat menyambut tahun baru Imlek, di sini saya, Master Chin Kung mengucapkan selamat kepada anda semuanya: selamat merayakan musim semi, semoga sejahtera selalu, berkah dan kebijaksanaan berkembang serta berbahagia dalam Dharma!

Biasanya kita akan menggunakan empat kalimat ini sebagai motivasi dalam menyambut Imlek yakni : “Tidak berbuat kejahatan, setiap tahun adalah tahun penuh keselamatan; perbanyak berbuat kebajikan, setiap tahun adalah tahun penuh kesejahteraan”.

Dengan “tidak berbuat kejahatan”, saat menghadapi suasana yang menyenangkan, ketahuilah ini sedang mengeliminasi buah karma baik kita, maka itu takkan timbul kemelekatan dan moha, tetapi senantiasa menjaga pikiran suci, seimbang dan tercerahkan. Sebaliknya dalam suasana yang tidak menyenangkan, ketahuilah bahwa ini sedang mengeliminasi buah karma buruk kita, maka itu takkan timbul kebencian, tetap mempertahankan pikiran suci, seimbang dan tercerahkan.

Di dalam suasana seburuk apapun, takkan lupa untuk tetap meningkatkan pikiran suci, seimbang dan tercerahkan, maka akan terjalin dengan Buddha dan Bodhisattva, ini barulah keselamatan yang sesungguhnya. Maka itu saya pernah mengucapkan dua kalimat ini : “Dalam suasana buruk, menuruti jalinan jodoh buruk, jangan ada kebencian, baru dapat mengeliminasi rintangan karma. Dalam suasana menyenangkan, mengikuti jalinan jodoh baik, jangan ada kemelekatan, berkah kebijaksanaan muncul bersamaan”.

Dengan “memperbanyak kebajikan”, kita seharusnya membangkitkan Bodhicitta, setiap niat pikiran yang timbul adalah demi kepentingan semua makhluk. Juga seharusnya melepaskan semua bentuk pikiran lainnya, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, bertekad lahir ke Alam Sukhavati. Melafal Amituofo adalah kebajikan terunggul diantara semua kebajikan, maka itu Master Yin Guang berkata : “Melafal Amituofo dapat mengeliminasi rintangan karma masa lalu dan sekarang, dengan membangkitkan ketulusan dapat mengubah hati awam”.

Yang terakhir, dengan mawas diri “membangkitkan Bodhicitta, mengamalkan Jalan Bodhisattva”, dengan kalimat berikut untuk memberikan berkah doa kepada praktisi sekalian : “ketulusan, kesucian, keseimbangan batin, pencerahan, maitri karuna; mengikhlaskan, merelakan, bebas tanpa rintangan, menuruti apa adanya, melafal Amituofo”. Terimakasih!



一四年 新年賀詞

諸位法師,諸位同學,祝福大家新年好,淨空在這裡跟各位同修們拜年,祝賀大家:新春愉­快,吉祥如意,福慧增長,法喜充滿!


往常,我們會以底下這四句話,作為新年的共勉:「諸惡莫作,歲歲平安;眾善奉行,年年­如意。」



就「諸惡莫作」而言。處在順境善緣之中,要知道這是在消我們的善業,所以不會生起貪愛­和愚癡的心,而是保持清淨平等覺悟的心。處在逆境惡緣之中,要知道這是在消我們的惡業­,所以不會生起瞋恚的心,還是保持清淨平等覺悟的心。在任何境界之中,都不忘提升自己­的清淨平等覺,就與佛菩薩相應,這才是真正的平安。所以我曾說過這樣的兩句話:「處逆­境,隨惡緣,無瞋恚,業障盡消。處順境,隨善緣,無貪癡,福慧全現。」



就「眾善奉行」而言,我們應該發菩提心,念念為一切眾生著想。也應該放下其他念頭,一­心一意念佛,發願求生西方極樂世界。念佛是善中之善,所以印光大師說:「念佛方能消宿­業,竭誠自可轉凡心。」。



最後,謹以「發菩提心、行菩薩道」的二十個字祝福大家新年吉祥:「真誠、清淨、平等、­正覺、慈悲;看破、放下、自在、隨緣、念佛。」謝謝大家